Jogging di Taman Kota, “Me Time” yang Kekinian

Jogging di Taman
Jogging di Taman

Setiap orang butuh “me time”. Supaya lebih sehat, lebih bahagia, dan hidup lebih santai. Gimana kalau bujetnya terbatas? Tenang. Ada cara yang simpel, murah, dan kekinian. Jogging saja di taman kota setiap weekend. Syukur-syukur kalau bisa setiap hari.

Pemandangan yang hijau di taman kota, bikin mata dan pikiran jadi segar. Suasana yang lebih tenang dan minim polusi pun bikin badan lebih rileks. Bisa melihat (bahkan kenalan) dengan sesame pengunjung taman juga jadi hiburan tersendiri. Apalagi buat yang masih jomblo, siapa tahu ketemu jodoh, ya, kan?

Itu sebabnya, jogging di taman kota harus masuk dalam agenda untuk melepas penat dari kehidupan kota. Buat yang tinggal di Jakarta, berikut taman-taman kota yang layak didatangi.

Taman Menteng

Berada di Jalan HOS Cokroaminoto, Jakarta Pusat, ada sekitar 1.000 pohon yang ditanam di Taman Menteng. Jadi, soal kerimbunan tidak perlu dipertanyakan lagi.

Di taman seluas 29.000 meter persegi ini juga terdapat sejumlah fasilitas olahraga, seperti lapangan basket dan lapangan futsal. Dan, tentu saja arena bermain anak-anak, yang kadang bisa pula kita manfaatkan untuk sekadar main ayunan sambil mengenang masa kecil.

Di Taman Menteng juga ada satu bangunan yang menarik perhatian: rumah kaca. Fungsi rumah kaca tersebut awalnya untuk melakukan pembibitan tanaman. Tapi belakangan juga dijadikan tempat untuk menyelenggarakan pameran. Selesai jogging biasanya orang suka selfie di sini. Lumayanlah buat eksis di sosial media.

Taman Cattleya

Taman Cattelya berlokasi di Jakarta Barat, tepatnya di Jalan S Parman, di bilangan Slipi. Posisinya persis berada di tepi jalan, sebelum jalan masuk menuju tol Tangerang-Merak dari arah Slipi. Jadi, jangan khawatir. Taman ini sangat mudah ditemukan.

Mulai dibangun sekitar tahun 2007, Taman Cattleya memiliki jogging track di sekelilingnya. Selain itu, taman ini juga dilengkapi danau buatan di tengah-tengahnya. Membuat taman terlihat lebih asri. Setelah jogging, di sepanjang tepi danau bisa dijadikan spot yang pas untuk istirahat sejenak.

Hutan Kota Srengseng

Ini bukan sekadar nama, tapi benar-benar hutan. Hanya saja, hutan buatan. Sesuai namanya, hutan kota ini berlokasi di Srengseng. Tepatnya di Jalan Haji Kelik, Kelurahan Srengseng, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat.

Layaknya hutan, pohon-pohon di sini sangat rindang dan terdiri dari berbagai jenis. Termasuk, jenis yang sudah langka ditemui. Dilengkapi dengan jogging track di sekeliling hutan, jogging di sini kita akan merasakan sensasi yang tidak biasa. Seperti bukan berada di kota.

Di lokasi yang berfungsi sebagai daerah serapan air hujan ini, kita juga bisa menikmati pemandangan danau buatan seluas 6000 meter persegi. Meski kelihatannya tenang, di dalam danau ada banyak ikan yang bebas dipancing oleh pengunjung. Terutama, ikan gabus. Jadi, kalau mau jogging di sini, jangan lupa bawa alat pancing.

Taman Ayodya

Keasrian taman yang terletak di Jalan Barito, Jakarta Selatan, ini tidak lepas dari keberadaan air mancur, kolam, serta pohon pelindung yang ditata secara apik. Taman Ayodya wajib masuk dalam daftar yang harus dikunjungi penggemar jogging karena menyediakan jogging track sepanjang 1.700 meter.

Selain jogging track, di Taman Ayodya juga ada gazebo yang nyaman. Habis jogging nongkrong di gazebo ini, dijamin males pulang.

Taman Jogging Kelapa Gading

Sesuai namanya, Taman Jogging Kelapa Gading yang paling ideal bagi penggemar jogging. Soalnya, di taman seluas 1600 meter persegi ini terdapat jogging track yang sangat menantang. Meski panjangnya hanya sekitar 500 meter, tapi konturnya tidak rata alias naik-turun. Jadi, kalau jogging di sini keringat pasti terkuras habis.

Selain jogging track yang asyik, tersedia juga alat atau wahana olahraga yang mirip seperti di fitness center. Seperti bench press untuk otot dada dan bahu, alat putar-putar untuk mengencangkan pinggul, juga alat berpedal yang dikayuh mirip sepeda statis. Kalau selesai jogging ingin membentuk bagian tubuh yang lain, bisa langsung pakai alat-alat itu. Gratis!

Untuk menemukan taman yang buka setiap hari pukul 05.30 – 21.00 WIB (tapi Jumat – Minggu tutup lebih malam, yaitu pukul 22.00 WIB) juga tidak sulit. Lokasinya cukup strategis diakses dari berbagai arah, karena berada di Jalan Boulevard Kelapa Gading, tepatnya di bunderan Kelapa Gading, seberang La Piazza.

author
Author: 
    No related post!

    Leave a reply "Jogging di Taman Kota, “Me Time” yang Kekinian"