Cara Pasang Lampu LED Pada Lampu Belakang Motor

Cara Pasang Lampu LED Pada Lampu Belakang Motor

Cara Pasang Lampu LED Pada Lampu Belakang Motor

Satu dari sekian komponen motor yang tak kalah pentingnya dengan komponen lain yaitu lampu belakang. Fungsi utama lampu belakang adalah untuk feedback antara pengendara di depan dengan belakang. Pada malam hari, 2 pengendara tak mungkin saling menatap dalam jarak 50 meter ke atas. Dengan adanya lampu belakang, maka akan memudahkan pengendara di belakang dapat melihat kendaraan di depannya hingga beratus meter jauhnya dan mampu menghindari kecelakaan yang disebabkan karena tertabrak dari belakang.

Di Google hanya terdapat informasi tentang cara memasang LED pada lampu depan atau lampu sein doang. Oleh karena itu, kali ini saya ingin membagikan info terkait cara pasang lampu LED pada lampu belakang motor dengan tutorial yang gampang dan simpel.

Seperti yang sudah Anda tahu, lampu bagian belakang motor memang sudah di atur menjadi 2 fungsi yaitu lampu belakang dan juga lampu rem. Beda halnya dengan mobil yang telah terpisah antar 2 lampu tersebut. Namun pada motor, satu-satunya pembeda antara lampu rem dengan lampu belakang cuma ukuran watt-nya doang. Jika lampu belakang 5 Watt, maka lampu rem bisa sampai 20 Watt. Mengapa lampu rem lebih besar? Sebab untuk memberi tahu sinyal warning dari lampu itu supaya lebih terang alhasil pengendara yang lain dapat langsung sigap kalau motor di depannya mengerem mendadak.

Apa Anda pernah memasang lampu rem berjenis LED di macam motor beraliran halfwave? Kalau iya, tentu lampu senjanya tak mau menyala bukan? Mengapa dapat terjadi begitu? Sebab arus listrik dari lampu depan pun bersinggungan dengan lampu senja di bagian belakang menganut arus AC, walaupun kutubnya negatif. Maka dapat disimpulankan, tegangan masa lebih positif ketimbang tegangan AC arus lampu utama itu.

Umumnya bohlam lampu biasa tak ada meskipun sudah dibolak balik pun tetap dapat nyala. Sedangkan jenis LED ada kutub positif dan negatifnya, maka kalau sudah kebalik, tentu tak akan menyala. Dan jika Anda mau memasang lampu LED di bagian belakang motor, triknya cukup mudah, Anda cuma harus mengubah jalur kabel lampu senja yang awalnya AC menjadi DC.

Cara Pasang Lampu LED Pada Lampu Belakang Motor 2

Cara Pasang Lampu LED Pada Lampu Belakang Motor 2

Syarat penting pengaplikasian cara ini yakni lampu senja dan lampu rem harus LED. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu Anda harus membuka batok lampu depan. Perhatikan soket saklar lampu utama. Pisahlah antara soket warna merah dengan kabel kuning dan juga coklat, serta soket satunya yang berwarna putih dan kabel biru garis putih serta kuning.

Jika motor Anda dari perusahaan Honda, maka inilah satu dari sekian kelebihan dari saklar motor itu, dimana saklar lampu utama dengan lampu senja di pasang terpisah. Maka, sebagai contoh lampu senja mau dipasang DC dan lampu utama tetap AC, maka akan dijamin gak bakalan konslet. Lalu, siapkan IC 7812. Kaki tengah 7812 ke bagian kabel hijau starter, kabel kuning di putus dan di sambung laig ke kaki kanan 7812, dan kaki kiri 7812 dipasang ke kabel hitam soket rem.

Kalau sudah terpasang, solasi dengan pas untuk mencegah adanya hal-hal yang tak diinginkan. Sesudah rapi, pasang lagi lampu LED senjanya di reflektor sein dan pasangkan LED Stop Lamp di area lampu belakangnya. Setelah itu, nyalakan kontak dan posisikan saklar lampu di bagian lampu senja. LED senja dan city lamp belakang bisa hidup tanpa harus dinyalakan mesinnya dulu.

Baiklah sekian artikel mengenai Cara Pasang Lampu LED Pada Lampu Belakang Motor semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

author
Author: 
    No related post!

    Leave a reply "Cara Pasang Lampu LED Pada Lampu Belakang Motor"